Mencicipi kuliner spesial Gang Aut Bogor yg melegenda

Mencicipi kuliner spesial Gang Aut Bogor yg melegenda

Mencicipi kuliner spesial Gang Aut Bogor yg melegenda

Tak ada yg meragukan sebutan Bogor menjadi kota hujan, karena hampir tiap hari kota ini diguyur hujan. Tak ada pula yg mewaspadai Jalan Surya Kencana sebagai surganya kuliner yg harus dikunjungi saat menyinggahi kota yang jua dikenal menjadi kota angkot.

Meski malam mulai berkecimpung, kepenatan usai menyinggahi beberapa tempat wisata di Kota Bogor mulai terasa, tetapi rasa-cita rasanya kaki enggan pulang sebelum menyinggahi loka yg dijuluki sebagai Chinatown-nya Bogor itu.

Jalan Surya Kencana letaknya tak jauh menurut pintu primer Kebun Raya Bogor. Cukup untuk menyeberangi jalan, Anda akan temukan Jalan Surya Kencana.

Saat malam berkecimpung, menelusuri jalanan yg hanya dilewati satu arah tunggangan itu, kernyitan dahi melihat pertokoan yg telah banyak tutup, sambil berkata pada dalam hati, 'mana oase yang dibicarakan banyak orang itu?'

Eureka! Oase itu ditemukan saat berada pada perempatan gang Aut, beberapa rumah makan & gerobak kuliner terlihat. Namun sayangnya, hujan tiba-tiba turun, memaksa langkah menentukan berdiri di depan toko yg tertutup kedap.

Ditemani Feri, pelayan keliru satu warung soto kuning di Gang Aut, merdeka.Com mulai membuka perbincangan mengenai masakan yg ada pada tempat ini.

Dengan semangat, laki-laki yg sedang off dari pekerjaannya mulai menuturkan bahwa aneka macam ragam kuliner dapat dijumpai, sayangnya beberapa telah tutup. Di sini terdapat yang buka berdasarkan pagi hingga malam, tetapi beberapa buka hingga sore saja, jelasnya.

Mulai dari asinan, nasi goreng, soto mie, wedang ronde, bakso, mie, sate, minuman memabukan aduk rata, & poly lainnya. Namun, perlu dicatat buat muslim, beberapa kuliner di area ini berlabel tidak halal.

Menurut Feri, yg paling acapkali dikunjungi orang merupakan bakso kikil Pak Jaka, bakso ini tersaji di gerobak pinggir jalan. Terdapat bangku-bangku plastik telah disediakan buat loka duduk bagi para pembeli. Persis pada sebelah bakso kikil Pak Jaka masih ada Soto Kuning Pa Yusup, soto kuning khas Bogor yang selalu dibicarakan banyak orang. Isinya jeroan & daging sapi disajikan dalam bentuk yg telah digoreng ataupun rebusan bumbu kuning.

Masih poly lagi. Kalau yang nggak halal, pada sana terdapat namanya Ngohiang. Itu terkenal banget, ungkapnya memilih galat satu rumah makan pada area gang Aut itu.

Ngohiang khas Bogor memang sangat populer. Santapan yg adalah adonan acar lobak & wortel, tahu, rolade ayam/babi, & kentang panaskan. Bahan ini kemudian disirami saus kacang yg dicampur menggunakan tepung sagu.

Menurut Feri, Surya Kencana selalu padat pada ketika week end, mulai berdasarkan pagi sampai malam hari. Geliat pedagang kuliner di Surya Kencana dimulai menurut pukul 07.00 WIB sampai pukul 23.00 WIB.

Hujan perlahan mulai reda, langkah pulang ingin dilanjutkan. Sebelum berpisah, Feri menyarankan buat menyantap wedang ronde yang persis berada pada depan potong rambut.

Lumayan buat menghangatkan tubuh, ujarnya menggunakan senyum ramah. [hhw]

Share this:

Disqus Comments