Dampak Buruk Sering Ganti Lipstik

Dampak Buruk Sering Ganti Lipstik



Untuk perempuan, mencoba berbagai macam lipstik merupakan hak yang biasa. Kendatipun demikian, jika dilakukan dengan asal - asalan, bisa-bisa risiko alergi bibir akan kamu alami.

Seperti pernyataan dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, D&I Skin Center Denpasar, sering ganti lipstik sangat memungkinkan meningkatkan risiko alergi. Akan tetapi, dr Darma, begitu ia akrab disapa, menegaskan alergi hanya akan dialami pada seseorang tertentu yang memiliki alergi.

"Umumnya kalau telah tidak terjadi alergi pada lipstik lama, sebaiknya janganlah berganti-ganti dengan yang lain, " kata dr Darma menyampaikan saran ."

Daripada hanya coba-coba, lebih baik 'ajeg' memakai satu lipstik yang sudah pasti cocok karena pendapat dr Darma kita juga tidak tahu apakah di lipstik yang akan dicoba tersebut mengandung bahan yang membuat alergi.

Selain alergi, penggunaan lipstik yang tidak sesuai dengan permukaan bibir dapat menimbulkan risiko bibir kering atau terasa ketat. Dampaknya, saat bibir ketat pastinya akan terasa sakit tatkala direganhkan, demikian diungkapkan dr Laksmi Duarsa SpKK.

"Untuk penanganannya, bisa digunakan salep kortikosteroid topikal selain tentunya menghentikan pemakaian lipstiknya, " kata dr Laksmi.

Senada dengan dr Darma, dr Laksmi menganjurkan baiknya pakailah satu merek lipstik yang memang sudah cocok tatkala dipakai dan tidak terlalu sering coba- coba lipstik karena ada risiko alergi dan tidak cocok.

Share this:

Disqus Comments